PANGKOGABWILHAN I MENERIMA KUNJUNGAN KEHORMATAN DUTA BESAR AMERIKA

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla menerima Kunjungan Kehormatan/ Courtesy Call, yang bertempat di Mako Guskamla Koarmada I Batam, Kepulauan Riau.
Selasa (29/03/2022)

Dalam kunjungan tersebut Pangkogabwilhan I didampingi oleh Asisten Intelijen, Asisten Operasi, Asisten Personil dan Asisten Potensi Wilayah. Duta besar Amerika Serikat Sung Y. Kim (Dubes AS untuk Indonesia)
menyampaikan bahwa antara Indonesia dan Amerika banyak sekali potensi untuk dilaksanakannya kerjasama, terutama kerjasama dalam bidang militer yang bertujuan untuk bersama-sama menciptakan keamanan maritim di Kawasan regional.

Selain itu Duta besar Amerika bertanya tentang rencana kepindahan Koarmada I ke Tanjungpinang. Hal ini dijelaskan oleh Pangkogabwilhan I bahwa rencana kepindahan Koarmada I ke Tanjungpinang masih dalam proses. Banyak kegiatan illegal yang terjadi di Selat Singapura dan Selat Malaka seperti Pencurian di Laut, penyelundupan dan lain-lain.

Kogabwilhan I bersama dengan Koarmada I bekerja sama dengan IFC Singapura dalam hal sharing informasi yang terjadi di selat Singapura dan Selat Malaka. Diharapkan dapat menciptakan stabilitas keamanan laut di Kawasan Regional.Kerjasama di bidang militer ini seperti melaksanakan latihan militer bersama seperti yang sudah pernah dilaksanakan sebelumnya, seperti CARAT, RIMPACT, FLASH IRON, GARUDA SEAL dan lain-lain. Harapannya dengan kondisi pandemic Covid di Indonesia yang sudah menurun, kerjasama di bidang latihan militer tersebut dapat dilaksanakan Kembali.

Adapun yang mendampingi pangkogabwilhan I adalah :
Laksma TNI Yanuar Hadwiono (Asintel Kaskogabwilhan I)
, Laksma TNI Aria Cakra (Asops Kaskogabwilhan I)
, Marsma TNI Bejo Suprapto (Aspers Kaskogabwilhan I)
,Brigjen TNI Bosco Haryo Yunanto (Aspotwil Kaskogabwilhan I)
, Laksma TNI Hudiarto Kresno Utomo (Danguspurla Koarmada I)
, Laksma TNI Haris Bima (Danguskamla Koarmada I) Dan yang mendampingi duta Besar Amerika adalah :
Colonel Brian McCulloigh (Atase Udara), Gordon Church (Konsul AS untuk Sumatra), Lester Asamoah (Staff officer)
, Hans Sukamto (Asisten Ekonomi)
, Harya Bimasena (Interpreter)

Pada kegiatan penyambutan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan sesuai ketentuan selama masa pandemi Covid-19.

Autentikasi:
Kapen Kogabwilhan 1 Kolonel Laut (P) Jatmiko Hariyono,MM.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*