KOGABWILHAN I MELAKSANAKAN BAKSOS OPERASI KATARAK MATA GRATIS DALAM RANGKA HUT KE 77 TNI DAN HUT KE 3 KOGABWILHAN

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. meninjau langsung pelaksanaan bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib (RAT), Sabtu (1/10/2022).

Tiba di Lobby RSUD RAT, Pangkogabwilhan I dan Gubernur Prov Kepri disambut oleh Direktur RSUD RAT Yusmanedi, Ketua Harian Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Indra Wahidin, Pembina Yayasan Marga Huang Batam Johan Nurdin, serta para relawan.

Saat ditinjau Ansar Ahmad, sudah terdaftar sebanyak sekitar 80 orang mengantri dan sedang melaksanakan operasi di Instalasi Bedah Sentral lantai 3, di mana beberapa pasien direkomendasikan oleh Puskesmas atau hadir langsung melakukan screening di RSUD RAT.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, beserta Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, meninjau langsung pelaksanaan bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Tabib (RAT),

Pelaksanaan Baksos Kogabwilhan I bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dalam hal ini RSUD RAT, Perhimpunan INTI, Yayasan Marga Huang Batam, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), serta melibatkan Puskesmas di wilayah Kota Tanjungpinang. Panitia menargetkan mengoperasi 250 mata dalam kegiatan selama 2 hari,

Baksos ini diselenggarakan oleh Kogabwilhan I dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI dan HUT ke-3 Kogabwilhan I kepada kelompok masyarakat kurang mampu.

Pada kesempatan itu, Gubernur Prov Kepri menyampaikan apresiasinya kepada Kogabwilhan I yang akan berulang tahun ke 3 tahun ini. Ansar Ahmad menambahkan, kegiatan ini tentunya sangat positif dan membantu meringankan beban Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menangani berbagai penyakit di masyarakat.

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali mengatakan, pihaknya berencana menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan selain dalam rangka memperingati HUT TNI dan Kogabwilhan, juga menjalin kedekatan antara TNI dan Masyarakat.

“Kalau bisa, kita tidak hanya melaksanakan operasi katarak. Tetapi, juga baksos lainnya yang lebih menyentuh kepada masyarakat,” ungkap Muhammad Ali.

Untuk itu, Muhammad Ali meminta kepada seluruh satuan TNI yang ada di wilayah Kogabwilhan I dapat turut serta dalam membantu masyarakat.

“Kita harus paling depan, dalam turun langsung membantu kegiatan yang ada di masyarakat,” ujar Muhammad Ali.

Selain itu Ansar Ahmad juga menghimbau institusi-institusi lain, agar dapat melaksanakan kegiatan serupa yang objeknya sangat banyak dan beragam.

“Seperti operasi bibir sumbing, melaksanakan kegiatan fogging bersama dalam masa-masa tertentu dalam mengantisipasi Demam Berdarah (DBD) dan malaria, kegiatan kebersihan kampung. Saya kira, banyak hal yang bisa kita lakukan, dan hari ini luar biasa, Kogabwilhan I melaksanakan kegiatan operasi katarak gratis,” ucap Ansar Ahmad, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau.

“Kepedulian seperti ini yang perlu kita dorong dan tingkatkan, agar yang memiliki kelebihan bisa mengisi kekurangan-kekurangan dalam masyarakat kita yang memang membutuhkannya,” ujar Ansar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*